Mengenal Domain

  1. Home
  2. /
  3. Artikel
  4. /
  5. Mengenal Domain

Mengenal Domain

Posted in : Artikel on by : bengkelkreasi Comments:

Di era digital seperti saat ini, domain telah menjadi hal yang umum diakses oleh banyak orang, baik itu melalui media komputer atau melalui perangkat mobile seperti Ponsel. Perkembangan teknologi juga mengharuskan domain ikut menyesuaikan, kini Anda dapat menemukan ratusan nama domain di internet. Bahkan, domain telah menyesuaikan dengan suatu negara. Seperti contohnya, Nama domain negara Indonesia memiliki akhiran .ID (web.id, co.id, or.id dll).

Jadi, apa sih sebenarnya domain itu? dan apa fungsi domain? Kami akan memberikan penjelasan mengenai Apa Itu Domain? Pengertian dan Fungsi Nama Domain secara lengkap dibawah ini.

Pengertian Domain

Pada dasarnya, Domain adalah suatu nama yang unik, digunakan sebagai pengganti Alamat IP. Domain disebut juga sebagai Alamat Website, seperti contohnya “google.com” dan lainnya. Domain adalah alamat website kita.

GOOGLE adalah nama domain
COM adalah extension.

Domain memiliki format huruf ( a,b,c dan seterusnya ), angka ( 1,2,3 dan seterusnya ) dan simbol ( – ) sebagai nama url situs web. Anda dapat membuat alamat website sesuai keinginan Anda, bisa menggunakan huruf, angka atau simbol saja. Pengunaan huruf kapital dan huruf kecil diabaikan.

Dan sebuah nama domain hanya bisa dimiliki oleh satu orang saja. Jika suatu domain sudah dimiliki oleh orang lain, maka kita harus menunggu hingga domain itu expired dan tidak diperpanjang kembali oleh pemiliknya. Biasanya memakan waktu 2 bulan

Extension sendiri ada banyak sekali terbagi jadi 3 bagian:

  • generic TOP LEVEL DOMAIN (gTLD)
  • USA Top Level Domain
  • Country Code Top Level Domain (ccTLD)

List lengkap extension bisa kita temukan di http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Internet_top-level_domains

Fungsi Domain
Pada dasarnya, Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna internet dalam mengakses suatu situs web serta mempermudah mengingat alamat situs web yang akan diakses dari pada harus menggunakan sederetan angka-angka rumit yang disebut Alamat IP.

Seperti misalnya Anda ingin mengakses situs web google.co.id, jika Anda menggunakan Alamat IP maka Anda harus mengakses melalui kombinasi angka seperti 173.194.39.19, hal tersebut tentu akan menyulitkan pengguna internet. Maka dari itu ada sebuah domain untuk memberikan kemudahan bagi pengguna internet.

Contoh Nama Domain
Subdomain adalah domain di bawah domain. Tapi dia berdiri sendiri. Kita bisa mengibaratkan subdomain ini seperti provinsi dalam suatu negara. Provinsi ada dalam negara tapi dia independent dan seolah terpisah.

Contoh Subdomain: MAIL.GOOGLE.COM

MAIL adalah subdomain
GOOGLE adalah domain
COM adalah extension

Demikian ulasan singkat tentang domain. Semoga bermanfaat.